Killua Ibrahim “Untuk menjadi seorang yang ahli, kau harus belajar lebih.”

Contoh Banner

3 min read

Contoh Banner

Untuk meningkatkan penjualan suatu produk, pastinya dibutuhkan iklan yang bisa menyebar ke masyarakat. Contoh banner menjadi salah satu dari sekian banyak jenis iklan atau promosi yang efektif untuk digunakan.

Hingga saat ini penggunaan banner masih menjadi pilihan utama dalam mempromosikan atau mengiklankan suatu produk. Hal ini dikarenakan, banner sangat mudah untuk dilihat oleh masyarakat karena penempatannya yang strategis.

Nah berikut ini akan dijelaskan contoh banner dan beberapa hal yang berkaitan dengan banner.

Apa Itu Banner Secara Pengertian 

Banner merupakan sebuah identitas bagi blog atau website, selain itu fungsi banner juga sebagai media iklan, publikasi, promosi, menjalin persahabatan dan berbagai hal lainnya.

Berbagai macam jenis dan ukuran standar banner umumnya digunakan untuk blog atau site di internet. Banner jika diartikan ialah gambar, mayoritas dibuat dengan ukuran kecil dan biasanya dimasukkan atau disisipkan pada halaman web.

Tujuan Banner

Tujuan banner yaitu untuk mempromosikan produk tertentu untuk menarik orang sebanyak mungkin untuk produk tertentu. Adapun banner dengan ukuran kecil biasanya dipakai untuk saling bertukar link, sedangkan banner dengan ukuran sedang sebagai media iklan.

Sebaiknya banner tidak meniru milik orang lain, jadi coba buat banner ciptaan sendiri dengan desain yang menarik agar siapa saja yang melihat banner tersebut tertarik dan mengklik link tautan kita.

Fungsi Banner

Berikut ini merupakan beberapa fungsi yang ada pada banner :

1. Menambah Daya Tarik Web atau Blog

Banner yang dipasang pada web atau blog bisa menambah tampilannya menjadi lebih menarik, sehingga membuat pengunjung betah untuk berlama-lama di blog yang kamu buat, kamu juga bisa menempatkan banner pada bagian header web atau blog.

2. Sebagai Ciri Khas dan Identitas

Dengan membuat banner akan menunjukkan hal apa saja yang ada dan kamu buat pada web atau blog tersebut. Ini akan menjadi ciri tersendiri dan membedakan dengan yang lain.

3. Sebagai Alat Promosi

Banner menjadi alat promosi yang sangat efektif. Dengan menitipkan banner kakmu pada web atau blog yang lebih terkenal dan banyak pengunjungnya, hal itu bisa saja membantu menaikkan web atau blog yang kamu buat.

4. Menonjolkan Isi Blog Anda

Banner juga dapat dipakai untuk menonjolkan isi dari web atau blog kamu, pengunjung dapat mengetahui atau minimal bisa membayangkan isi web atau blog kamu dari banner tersebut.

Contoh Banner untuk Berbagai Keperluan

Contoh Banner Sekolah

Contoh Banner Sekolah

Contoh Banner Minuman

Contoh Banner Makanan

Contoh Banner Keren

Contoh Banner Toko

Contoh Banner Warung

Contoh Banner Warung

Contoh Banner Acara

Contoh Banner Acara

Contoh Banner Pendidikan

Jenis Banner Berdasarkan Bentuk

X Banner

X Banner

Sesuai namanya, X Banner mempunyai bentuk buffer X yang berfungsi sebagai alat pendukung spanduk dalam potret. Tiang spanduk X tersebut terbuat dari aluminium ringan dengan bentuk pipa yang disusun sehingga bisa dilipat.

Selain itu bahan aluminium yang sangat ringan membuatnya cukup efektif untuk dibawa ke mana saja. Jenis X Banner ini bisa digunakan di dalam atau di luar ruangan.

Tempat-tempat yang cocok untuk dipasangkan X Banner di depan, agar terlihat oleh masyarakat.

Keuntungan lain dari penggunaan X Banner ialah sangat ekonomis karena bisa digunakan berulang-ulang kali, jadi tidak perlu mencetaknya lagi pada saat kamu mengadakan acara berikutnya.

Mini X Banner

Mini X Banner

Seperti halnya X Banner, Mini X Banner juga mempunyai tiang penyangga aluminium dengan bentuk X. Hanya saja pada jenis ini ukurannya lebih kecil dibandingkan X Banner.

Fungsinya juga ada perbedaan, mini X Banner tepatnya dipergunakan di atas meja atau papan khusus informasi.

Biasanya, Mini X Banner ini dipergunakan untuk menginformasikan jadwal acara, menu makanan yang ada di restoran, dan sub bagian dari bazaar stand.

Penggunaan Mini X Banner juga dinilai lebih ramah dibandingkan penggunaan kertas yang sangat mudah rusak dan pudar.

Roll Banner

Sesuai dengan namanya Roll Banner atau biasa disebut juga Roll Up Banner diatur dengan papan banner dan tiang tegak serta rol.

Jadi, pada saat akan meletakkan spanduk, kita tinggal menariknya ke bawah supaya banner itu memenuhi di papan tulis.

Sama halnya dengan jenis banner lainnya, tiang yang dipakai pada Roll Banner ini juga terbuat dari aluminium ringan, demikian juga dengan gulungannya.

Untuk penggunaan Roll Banner bisa dipakai di dalam atau juga di luar ruangan. Namun, sangat disarankan agar ditempatkan di tanah yang datar dan tidak miring.

Y Banner

Jenis banner yang satu ini sebenarnya mirip dengan jenis X Banner. Perbedaannya hanya ada pada bentuk tiang penyangga yang berbentuk huruf Y tegak.

Fungsi Y Banner juga sama dengan X Banner, akan tetapi lebih cocok dipakai di dalam ruangan agar terhindar dari terkena angin kencang, karena dikhawatirkan Y Banner akan jatuh.

Dalam penggunaan Y Banner, harus ditambahkan pangkalan pada bagian bawah tiang. Ini dimaksudkan supaya tiang banner bisa menjadi lebih kuat.

Dari segi kepraktisan, Y Banner juga cukup praktis karena bisa dipakai berkali-kali dan juga bisa dibawa ke mana-mana dengan mudah.

Jenis banner ini tidak membutuhkan jenis tiang apa pun. Karena hanya perlu dicetak dan ditambahkan 4 lubang di setiap sudutnya yang akan digunakan untuk mengikat tali atau kawat.

Biasanya banner jenis ini dipasang pada tempat yang cukup tinggi , maka dari itu tidak bisa dipasang dengan papan lipat aluminium.

Banner jenis ini lebih cocok dipasang di teras depan, digantung di kanopi kantor atau toko, dan juga kios atau cafe dalam bentuk lanskap.

Jenis Banner Berdasarkan Ukuran

Ada berbagai macam ukuran utama dari banner yang sering digunakan. Berikut ini adalah beberapa jenis banner yang dibagi berdasarkan ukuran-ukurannya.

Banner ukuran standar biasanya digunakan untuk kepentingan promosi atau iklan “window pop-up” sebagai contoh misalnya:

  1. 250 x 300 IMU atau Pixel “Medium Rectangle”
  2. 250 x 250 IMU atau Pixel “Square Pop-up”
  3. 240 x 400 IMU atau Pixel “Vertical Rectangle”
  4. 336 x 280 IMU atau Pixel “Large Rectangle”
  5. 180 x 150 IMU atau Pixel “Rectangle”

Banner dan buttons merupakan salah satu jenis banner yang digunakan untuk blog atau situs di internet ukurannya antara lain adalah:

  1. 468 x 60 IMU atau Pixel “Full Banner”
  2. 234 x 60 IMU atau Pixel “Half Banner”
  3. 88 x 31 IMU atau PIxel “Micro Bar”
  4. 120 x 90 IMU atau Pixel “Button 1”
  5. 120 x 60 IMU atau Pixel “Button 2”
  6. 120 x 240 IMU atau Pixel “Verical Banner”
  7. 125 x 125 IMU / Pixel “Suara Button”
  8. 728 x 90 IMU / Pixel “Leaderboard”

Akhir Kata

Dalam mempromosikan sebuah produk, kamu bisa gunakan banner menjadi pilihan utama. Selain bisa digunakan berkali-kali, banner juga bisa dengan mudah dibawa kemana-mana, dan juga mudah terlihat oleh masyarakat.

Demikian penjelasan mengenai contoh banner dan beberapa hal yang berkaitan dengan banner, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita mengenai hal tersebut.

Killua Ibrahim “Untuk menjadi seorang yang ahli, kau harus belajar lebih.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *