Killua Ibrahim “Untuk menjadi seorang yang ahli, kau harus belajar lebih.”

Contoh Kartu Nama

5 min read

Dalam memperkenalkan diri atau sebuah instansi dan organisasi terkadang kita kesulitan karena orang mudah lupa dan kehilangan kontak. Namun dengan contoh kartu nama, kita bisa mempermudah klien untuk tau mengenai diri kita dan instansi kita.

Bukan hanya itu, dengan kartu nama juga orang-orang yang belum sempat kita temui juga bisa menjalin komunikasi walaupun hanya jarak jauh.

Namun dalam membuat kartu nama tidak bisa asal-asalan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Berikut ini merupakan penjelasan kami berkaitan dengan contoh kartu nama yang wajib Anda ketahui. Yuk Simak!

Apa Itu Kartu Nama Secara Pengertian

Kartu Nama merupakan kartu yang digunakan untuk menunjukkan identitas diri atau perusahaan. Kartu nama bisa menjadi tanda pengenal terkait informasi beberapa hal yang ada dalam kartu nama. Kartu nama juga dapat dibuat sesuai kebutuhan.

Isi kartu nama harus tepat dan sesuai standar elemen desain kartu nama. Informasi yang tercantum dalam kartu ini biasanya berupa nama orang, nama perusahaan, jabatan, nomor telepon, alamat kantor, dan juga alamat email.

Tujuan Kartu Nama

Banyak orang mempunyai kartu nama karena memiliki tujuan penting. Berikut ini merupakan tujuan dari pembuatan kartu nama.

  • Untuk memperkenalkan diriatau perusahaan kepada calon rekan bisnis atau orang penting menurut Kartu ini bisa mewakili informasi tentang identitas diri Anda.
  • Untuk memperkenalkan barang atau jasa milik perusahaan Anda. Dengan menampilkan nama perusahaan, orang akan bertanya industri apa yang sedang dijalankan oleh perusahaan Anda.

Contoh Kartu Nama Sederhana

Contoh Kartu Nama Keren

Contoh Kartu Nama Sederhana

Contoh Kartu Nama Pribadi

Contoh Kartu Nama Anak SD

Contoh Kartu Nama Marketing

Contoh Kartu Nama Toko

Contoh Kartu Nama Usaha

Contoh Kartu Nama Pengacara

Contoh Kartu Nama Bayi

Contoh Kartu Nama Olshop

Contoh Kartu Nama Pijat

Contoh Kartu Nama Perusahaan

Fungsi Kartu Nama

Sebagaimana yang sudah disinggung di atas, kartu nama mempunyai berbagai macam fungsi. Berikut ini beberapa fungsi kartu nama, antara lain.

1. Tanda Pengenal Diri

Fungsi utama dari kartu nama diperuntukkan sebagai tanda pengenal tentang profil seseorang. Informasi mengenai data pribadi seseorang juga dapat diketahui orang lain melalui informasi yang tercantum dalam kartu nama tersebut.

2. Sebagai Personal Branding

Kartu nama juga bisa meningkatkan personal branding Anda secara eksklusif. Personal branding ini sangat penting karena ini bisa mempengaruhi persepsi orang lain kepada diri Anda.

3. Perkenalan Lembaga atau Perusahaan

Kartu nama bukan hanya digunakan untuk memuat informasi individu. Namun juga bisa digunakan sebagai sumber informasi tentang identitas sebuah instansi tempat Anda bekerja.

4. Tanda Penguat

Penggunaan kartu nama oleh suatu instansi atau perorangan juga berpengaruh kepada eksistensi instansi atau perorangan tersebut.

Hal-hal yang dimuat pada kartu nama berkaitan dengan kepercayaan orang lain terhadap perusahaan atau instansi tersebut apalagi dalam dunia bisnis.

5. Bentuk Profesionalitas

Dalam usaha untuk memperoleh rekan bisnis atau koneksi penting karir Anda, kartu nama bisa menjadi bukti bahwa Anda merupakan orang yang profesional. Jika Anda terkesan profesional, maka orang akan semakin yakin dalam menjalin kerjasama dengan Anda.

Kartu nama berguna jika suatu saat Anda harus membandingkan profesionalitas seseorang atau instansi.

6. Sebagai Alat Promosi dan Pemasaran

Saat Anda menunjukkan kartu nama kepada orang lain, tentu Anda berharap dapat menjalin koneksi hubungan bisnis dengan orang tersebut.

Kartu nama berfungsi sebagai media promosi bukan hanya bagi Anda, tetapi juga bagi produk barang atau jasa yang Anda tawarkan.

Jenis Kartu Nama

Secara umum ada 2 jenis kartu nama, yang pertama kartu nama bersifat pribadi, dan yang kedua kartu nama mengenai perusahaan atau lembaga.

Walaupun berbeda, kedua jenis kartu ini mempunyai tujuan yang sama yakni memberikan informasi mengenai identitas diri atau juga perusahaan.

Jenis kartu nama pribadi ialah kartu yang berisi tentang informasi identitas pribadi. Kartu jenis ini juga biasa disebut sebagai kartu riwayat diri yang singkat namun mengandung informasi yang penting. Biasanya, dalam kartu nama jenis ini tidak ada logo ataupun simbol perusahaan.

Sedangkan dalam kartu nama perusahaan atau lembaga, harus tercetak dengan jelas mengenai nama dan logonya. Hal penting yang harus dituliskan selain alamat, nama, kontak telepon dan email, Anda juga harus menampilkan website perusahaan.

Isi Desain Kartu Nama

Pembuatan kartu nama tentunya tidak bisa sembarangan. Kesalahan informasi yang terkandung dalam kartu nama akan berdampak jelek pada perorangan atau instansi pemilik kartu nama tersebut.

Maka dari itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat kartu nama, yakni beberapa elemen penting isi desain kartu nama ketika mendesain kartu nama.

1. Nama Perorangan atau Instansi

Nama menjadi elemen utama yang sangat penting dalam kartu nama. Nama juga menjadi informasi paling utama dan teratas.

Pernyataan ini tidak bisa ditawar lagi karena keberadaan nama menjadi sebuah hal mutlak. Biasanya isi nama yang dipakai yaitu nama perusahaan dan nama pribadi pemilik kartu nama tersebut.

2. Informasi Kontak

Kartu nama ditujukan kepada orang lain supaya mereka mengetahui informasi tentang identitas perorangan atau instansi sesuai pada hal-hal yang tertera dalam kartu nama.

Berdasarkan pernyataan diatas, maka pembuatan kartu nama ini zditujukan untuk memberikan informasi kepada orang lain.

Informasi kontak menjadi elemen dasar yang harus ada dalam kartu nama agar memudahkan orang lain untuk menghubungi pemilik kartu nama tersebut.

Hal ini merupakan titik awal dan menjadi gerbang informasi lebih dalam bagi orang lain agar mengetahui identitas pemilik kartu nama tersebut.

3. Alamat

Alamat juga menjadi indikator instansi atau seseorang yang tertera pada sebuah kartu nama dan benar keberadaannya untuk bisa secara ditemui langsung. Biasanya alamat yang dicantumkan ialah alamat perusahaan.

Selain agar meyakinkan orang lain tentang keberadaan instansi atau perorangan, alamat juga bermanfaat jika tanpa diduga seseorang atau instansi yang tercantum dalam kartu nama tidak bisa dihubungi melalui telepon, media sosial, atau juga surel.

Anda bisa menyajikan alamat perusahaan secara lengkap dan jelas mulai nama jalan, kota, nomor gedung, dan kode pos.

Langkah Dalam Desain Kartu Nama Menarik

1. Ketahui Bentuk Kartu Nama

Anda bisa memilih bentuk standar kartu nama yang berbentuk persegi panjang sebagai bentuk cetak kartu nama Anda.

Namun seiring dengan perkembangan teknologi, teknik mencetak juga ikut berkembang, sehingga kini sebagai kreatif dan profesional memiliki ruang untuk bisa mengeksplor bentuk yang lebih beragam.

Teknik cetak seperti ini biasa disebut die-cut, bisa membuat Anda mencetak dengan berbagai bentuk yang Anda ingin dan bisa dicetak dalam jumlah banyak.

2. Ukuran Kartu Nama

Biasanya tergantung dengan standar nasional suatu negara. Untuk Indonesia sendiri, ukuran standar yang umum dalam cetak kartu nama yaitu 9 x 5.5 cm.

Nah ada 3 hal yang harus Anda perhatikan pada saat mendesain contoh kartu nama.

  • Bleed Area : Area garis yang dihilangkan, biasanya area ini dipakai untuk mencegah kesalahan pemotongan.
  • Trim Line : Garis potong
  • Safety Line : garis batas area aman Desain Anda, diluar dari itu merupakan area untuk pemotongan.

3. Tambahkan Logo dan Desain Lain

Langkah selanjutnya yaitu memasukkan elemen-elemen desain. Logo biasanya diletakkan diposisi tengah dan tidak masalah apabila Anda ingin menambahkan desain lain di antara logo.

4. Masukkan Konten Teks

Apa yang tercantum pada kartu nama secara tidak langsung menjelaskan siapa diri Anda sebenarnya, baik itu benar ataupun tidak, setidaknya itu asumsi yang akan orang-orang peroleh saat menerimanya.

Karena itu inputlah informasi yang penting saja, jika Anda seorang freelancer menjadi lebih baik untuk menghilangkan informasi tentang alamat dan menggantinya dengan website portofolio.

Namun ada beberapa konten informasi yang umum dipakai pada banyak kartu nama. Berikut diantaranya.

  • Nama – URL Website
  • Nama Perusahaan – Akun Sosial Media
  • Jabatan – Alamat Kantor
  • Nomor telepon – Kode QR
  • Alamat E-mail – Slogan

5. Pemilihan Tipografi yang Tepat

Pemilihan tipografi dan gaya penulisan yang tepat pada kartu nama sehingga akan terlihat lebih bagus. Tipografi memiliki peran yang sangat penting dalam memastikan seluruh informasi penting bisa lengkap tercantum di kartu nama yang relatif lebih kecil.

Ada 3 unsur tipografi yang harus diperhatikan antara lain ialah :

6. Ukuran

Penting agar memudahkan bagi penerima dalam membaca informasi yang ada pada kartu nama. Setidaknya ukuran yang paling kecil untuk sebuah kartu nama ialah 8pt.

Jika Anda rasa ada unsur lain yang penting dan harus ditonjolkan seperti nama Anda, Anda bisa membesarkan ukuran tulisan tersebut.

Walaupun begitu Anda tetap harus mengingat agar menyisakan beberapa daerah kosong yang membuat desain Anda terlihat lebih menarik dan bagus ketika di cetak.

7. Font

Font yang dipilih dalam kartu nama akan mempengaruhi identitas personal atau bisnis Anda. Ada beberapa jenis font yang biasa dari contoh kartu nama misal tipe font sans-serif & serif yang akan dibagi lagi ke variasi font.

Ingat saja bahwa font yang Anda pilih merupakan font yang bisa mewakilkan karakter Anda.

8. Warna

Warna tulisan juga sangat penting, jangan sampai warna teks pada kartu nama Anda tidak terlihat disebabkan background yang saling bertabrakan.

Selain itu warna yang dipakai juga harus serasi dengan warna brand, harus utamakan kontras supaya penerima bisa membaca dengan jelas informasi-informasi yang Anda berikan.

9. Pertimbangkan Finishing

Selain bisa melindungi dan membuat kartu nama lebih awet, finishing ini juga dapat mempercantik tampilan pada kartu nama Anda.

Anda pasti sering melihat contoh kartu nama yang memiliki perbedaan ataupun ketika disentuh memberikan kesan yang unik. Nah Inilah fungsi finishing.

10. Mendesain

Langkah terakhir yaitu mencari desainer atau memilih alat desain yang bisa membuat kartu nama Anda.

Akhir Kata

Tidak dipungkiri lagi, fungsi dari kartu nama sangat berpengaruh dengan perkembangan bisnis yang Anda jalankan. Maka dari itu, harus diperhatikan dengan baik apa-apa saja yang ada pada kartu nama agar menjadi contoh kartu nama yang menarik klien.

Demikian penjelasan kami mengenai contoh kartu nama, semoga bermanfaat bagi kita semua dan menambah wawasan kita seputar dunia pendidikan.

Killua Ibrahim “Untuk menjadi seorang yang ahli, kau harus belajar lebih.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *