Mengetahui Sejarah Softball Dunia & Indonesia Secara Singkat

sejarah softball di dunia

Saat ini permainan softball sudah banyak dikenal oleh khalayak ramai. Namun, apakah Anda tahu mengenai sejarah singkat softball? Ternyata masih banyak orang yang belum mengetahui bagaimana sejarah dari softball.

Padahal mengetahui sejarah softball dapat membuat pengetahuan Anda menjadi bertambah. Oleh karena itu, pada artikel ini akan dijelaskan mengenai sejarah singkat permainan softball.

Awal Kemunculan Permainan Softball

Softball ternyata jenis permainan yang tercipta secara tidak sengaja pada saat akhir pengumuman pertandingan sepak bola. Pertandingan tersebut berada Gedung Olah Raga Farragut Boat Club Chicago, Illinois pada tanggal 16 September 1887. Penciptanya adalah George Hancock.

Awalnya para alumni Universitas Yale dan Harvard sedang menunggu hasil pertandingan sepak bola. Ketika kelompok dari Yale dinyatakan menang, salah satu anggotanya melemparkan sarung tinju ke kelompok Harvard. Kemudian seseorang memukul sarung tinju tersebut secara reflek.

Oleh karena itulah seorang reporter bernama George Hancock mengusulkan sebuah permainan bola kecil yang saat ini dikenal dengan nama softball. Permainan berlangsung seru dan banyak orang menyukainya.

Sejak saat itu, permainan softball sering dimainkan oleh orang di dalam ruangan dengan menggunakan jenis bola yang berbeda-beda. Oleh karena itu, nama permainan ini pun masih menyesuaikan dengan material bola yang digunakan untuk bermain sehingga belum ada standar yang pas.


Baca Juga: Kemewahan Stadion Gelora Bung Tomo


Sejarah Singkat Softball dan Perkembangannya di Dunia

Berikut ini merupakan tahapan perkembangan permainan softball di dunia

1. Proses Standarisasi Permainan Softball

Pada 1923, permainan softball distandarisasi oleh Kongres Rekreasi Nasional Amerika Serikat. Hal ini dikarenakan banyak orang yang menyukai permainan ini. Dengan demikian, sejak 1923 permainan ini telah dikenal dengan nama softball meskipun nama tersebut belum benar-benar diresmikan.

2. Perubahan dari Permainan Indoor Menjadi Permainan Outdoor

Awalnya, softball dikenal sebagai permainan bola yang dimainkan di ruangan tertutup. Namun pada 1930 H. Fiscer dan M.J Panley merubah sistem permainan ini menjadi permainan bola di luar ruangan, yaitu di lapangan terbuka.

3. Pembentukan Federasi Softball Internasional

Minat orang terhadap permainan ini sangatlah besar dengan munculnya banyaknya pertandingan softball. Oleh karena itu dibentuklah Federasi Softball Internasional (ISF). Federasi ini bertugas membuat peraturan standar permainan softball yang dapat digunakan di seluruh dunia.


Baca Juga: Induk Organisasi Sepak Bola


Sejarah Singkat Softball di Indonesia

Di Indonesia sendiri, olahraga dengan 9 jumlah pemain softball ini cukup dikenal oleh orang-orang. Permainan softball mulai muncul di Indonesia sejak tahun 1966. Namun, pada saat itu olahraga softball hanya diperuntukkan bagi kaum wanita saja.

Namun, setelah adanya Asian Games di Bangkok, barulah banyak kaum pria yang memainkan permainan ini. Pada 1967 mulai aktif dilakukan, bahkan pada tahun ini terbentuk organisasi yang dengan nama Persatuan Baseball dan Softball Amatir Seluruh Indonesia (PERBASASI).

Permainan softball ini juga sudah mulai dimasukkan ke dalam cabang olahraga di Pekan Olahraga Nasional ke 7 di tahun 1969 yang diadakan di Surabaya. Awalnya hanya beberapa daerah saja yang mengikuti cabang olahraga ini.

Perkembangan softball yang sangat pesat membuat hampir semua orang menyukai jenis permainan ini. Dengan demikian cabang olahraga ini hampir diikuti oleh semua daerah di Indonesia pada saat Pekan Olahraga Nasional.


Baca Juga: Teknik Dasar Sepak Bola


Penutup

Setelah mengetahui sejarah singkat softball di dunia dan di Indonesia Anda dapat mengetahui bahwa permainan ini tercipta secara tidak sengaja. Namun permainan ini semakin lama semakin berkembang dan berubah menjadi permainan di lapangan terbuka dan masih dimainkan hingga sekarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Formasi Sepak Bola
BACA YUK

Formasi Sepak Bola

SIPINTAR.NET – Hal ini, tentu saja membutuhkan suatu formasi yang dibentuk sedemikian rupa sehingga setiap pemain dapat menjalankan…