Induk Organisasi Sepak Bola Dunia & di Indonesia

SIPINTAR.NET – Semua cabang olahraga tentu mempunyai Induk organisasinya sendiri-sendiri, baik di tingkat nasional maupun tingkat Internasional. Organisasi merupakan sebuah kepengurusan dari masing-masing cabang olahraga.

Pada dasarnya organisasi dibuat sebagai tempat ataupun wadah bagi cabang olahraga itu sendiri.

Tugas dari induk organisasi ini nantinya untuk membuat dan mengatur kegiatan olah raga sepak bola agar lebih berkembang.

Nah, pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi mengenai induk organisasi sepak bola dunia dan sepak bola di Indonesia. Berikut selengkapnya.

Apa itu Organisasi?

Organisasi merupakan perkumpulan dari beberapa orang yang sudah dibentuk pada sebuah kelompok, kelompok tersebut memiliki tugas untuk bekerja keras dan bekerjasama dalam mencapai keberhasilan.

Organisasi sendiri memiliki arti yaitu bentuk dari pembagian kerja antar sekelompok orang yang melakukan kerja sama dengan cara tertentu untuk bisa mengapai tujuan dan cita-cita bersama.

Induk Organisasi Sepak Bola Nasional & Internasional

Induk organisasi sepak bola dunia adalah FIFA untuk Induk organisasi sepak bola Indonesia yaitu PSSI. Untuk anda sebagai pecinta olahraga sepak bola, sudah sepantasnya anda harus mengenal lebih jauh mengenai organisasi tersebut.


Baca Juga: Olahraga Mengecilkan Perut


Induk Organisasi Sepak Bola Indonesia (PSSI)

Induk Organisasi Sepak Bola Indonesia

PSSI kepanjangan dari persatuan sepak bola seluruh Indonesia yang menjadi induk organisasi sepak bola tingkat nasional, tugas utamanya mengatur serta mengurus sepak bola dalam negeri.

Pada tahun 19 April 1930 PSSI mulai berdiri dan saat itu diketuai oleh Soeratin Sosrosoegondo. DI tahun 1952, PSSI mulai ikut bergabung dengan induk organisasi sepak bola dunia yaitu FIFA.

PSSI sudah berganti kepemimpinan ketua sekitar 17 kali, untuk saat ini ketua dari PSSI adalah bapak Mochamad Iriawan atau biasa disebut dengan Iwan Bule.

Umumnya tugas dari induk organisasi ini membuat aturan dan mengawasi perkembangan sepak bola Indonesia. PSSi juga bertanggung jawab atas semua kegiatan pertandingan, baik nasional maupun internasional.

Secara materi, PSSI juga menjadi sumber semua anggaran dan pengeluaran untuk sepak bola Indonesia.

Berikut ini beberapa bagian tugas dari PSSI yang diperintahkan FIFA:

  • PSSI menyiapkan player relation. Selain itu PSSI dan APPI akan menetapkan standar kontrak bagi pemain sekaligus menyiapkan asuransi.
  • Mereview statuta PSSI agar sama dengan statuta FIFA yang baru sekaligus berkomunikasi dengan pemerintah terkait dengan kesepakatakan yang dapat dijalankan bersama dan yang tidak.
  • Mereview Liga Indonesia sebagai kompetisi resmi PSSI.
  • Mempersiapkan Tim Nasional Indonesia untuk mengikuti beberapa agenda FIFA.
  • PSSI berkoordinasi dengan pihak yang terkait dengan pengembangan infrastruktur untuk memajukan sepak bola nasional.

Baca Juga: Sejarah Singkat Softball


Induk Organisasi Sepak Bola Dunia (FIFA)

Induk Organisasi Sepak Bola Dunia

FIFA (Federation Internasional Football Association) berbeda dengan PSSI, FIFA merupakan induk organisasi yang membawahi semua induk organisasi pada setiap negara.

FIFA sendiri berdiri pada tanggal 21 Mei 1904 di Perancis.

FIFA bertugas untuk mempromosikan sepak bola dan juga untuk mengatur hingga mengawasi setiap transfer pemain., serta mengatur peringkat, FIFA juga punya hak untuk memberikan predikat, gelar pemain terbaik dunia dan menerbitkan daftar peringkat dunia FIFA setiap bulannya.

Mengenai sistem hukum dalam peraturan sepak bola, FIFA juga berkuasa atas dalam membuat menetapkan peraturan dalam sepak bola.

Dari sector fundrishing, FIFA merupakan sumber dana terbesar bagi penyelenggara sepak bola dalam pertandingan antar Negara.

Dalam tugasnya tersebut FIFA memiliki asosiasi di beberapa benua, yaitu, AFC di Asia, CAF di Afrika, CONMEBOL di Amerika Selatan, CONCACAI di Amerika Utara, Tnegah dan Karibia. OEC di Oceania dan UEFA di Eropa.


Baca Juga: Teknik Dasar Sepak Bola


Akhir Kata

Untuk anda yang mengaku penggemar sepak bola, maka anda perlu untuk mengetahui induk organisasi yang mengayomi sepak bola karena sejarah sepak bola sendiri tidak pernah lepas peran dari induk organisasi sepak bola tersebut.

Demikian penjelasan kami mengenai tembang induk organisasi sepak bola, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua seputar sepak bola yang ada di Indonesia. Terima kasih, salam olahraga!

Killua Ibrahim
Killua Ibrahim

“Untuk menjadi seorang yang ahli, kau harus belajar lebih.”